KONSEP DASAR PRESPEKTIF SOSIO KULTURAL DALAM PENDIDIKAN

Refleksi Topik 2 Mata Kuliah prespektif sosio kultural

Konsep Dasar Prespektif Sosio Kultural dalam Pendidikan 

Umi Nugraheni Murdiningrum

     Perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi masyarakat indonesia mengalami banyak perubahan dari berbagai segi sosial, ekonomi maupun teknologi .Perubahan tersebut menyebabkan ciri khas bangsa indonesia mulai pudar  dengan masuknya budaya asing. Identitas dan karakteristik bangsa indonesia mulai terkikis sehingga diperlukan adanya konsep yang dapat diinternalisasikan ke dalam sistem pendidikan untuk menyelamatkan sosial budaya asli indonesia.(Putri, 2020)
            Pentingnya menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila terhadap peserta didik. Agar peserta didik mampu melestarikan budaya yang ada di indonesia.Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan nilai, pendidikan watak, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menentukan baik dan buruknya perilaku.Kemendiknas, (2013:37)
                Pada topik 2 membahas mengenai Konsep Dasar Prespektif Sosio Kultural dalam Pendidikan. Sebelum saya memulai pemebelajaran pada topik 2 ini, saya beranggapan bahwa saya akan mempelajari tentang proses untuk memahami peserta didik dari latar belakang yang beraneka ragam. Pada implemetasi dalam proses pembelajaran setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan faktor latar belakang sosio kultural yang beraneka ragam.
            Dalam topik 2 ini saya mempelajari pemahaman konsep sosiokultural adalah penerapan toleransi atas perbedaan dan keunikan dari setiap individu. Pendidik perlu untuk memahami segala keunikan peserta didik tanpa melakukan deskriminasi. Semua peserta didik memperoleh hak yang sama dalam memperoleh pendidikan, pembelajaran, layanan, dan juga perlakuan.
                 Pada topik ini saya dan rekan kelompok mendiskusikan terkait dengan pengaruh faktor sosiokultural dalam 3 cerita yang berbeda. Dari hasil diskusi tersebut saya menjadi lebih paham bahwa banyak isu-isu pendidikan yang terjadi di Indonesia, yang semuanya tidak terlepas dari faktor sosial budaya, ekonomi, dan politik. Oleh sebab itu, seorang guru harus mampu memahami keberagaman peserta didik dengan tidak mendiskriminasikan.Dan hal baru yang saya dapatkan yaitu mengenai konsep SES, saya juga ingin mempelajari lebih lanjut dan mendalam khususnya mengenai bagaimana konsep SES dapat memberikan dampak terhadap pendidikan .
                Manfaat pembelajaran pada topik konsep dasar prespektif sosio kultural dalam pendidikan yakni sebagai pendidik konsep dasar prespektif sosio kultural dapat membekali saya untuk menjadi guru yang profesional yang peka & responsif terhadap banyaknya tantangan dan isu sosiokultural yang ada dalam pendidikan sehingga ketika dalam penerapanaya saya mampu mengatasi permaslahan yang ada berdasarkan latar belakang sosiokultural tersebut.

Pada topik 2 ini memiliki koneksi antar materi dengan mata kuliah lainnya yakni mengenai materi Konsep Dasar Prespektif Sosio Kultural dalam Pendidikan yang berkoneksi dengan mata kuliah filosofi pendidikan, pemahaman peserta didik, dan prinsip pengajaran asesmen BK yang efektif. penjelasan dalam koneksi antar materi dijelaskan pada gambar infografis yang tertera disebelah kiri.


















Refleksi Materi PPG PRAJAB Gel.2 (Bimbingan dan Konseling)
Sumber :
Putri, A.A , (2020), Implementasi sosiokultural berbasis Konstektual pada pembelajaran menggambar dua dimensi Siswa kelas rendah Sekolah Dasar.
Kemendiknas. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta.

Komentar